Now Reading
Kenali 4 Tanda Eksfoliasi Berlebihan yang Dapat Merusak Kulit

Kenali 4 Tanda Eksfoliasi Berlebihan yang Dapat Merusak Kulit

Eksfoliasi merupakan langkah yang penting dalam merawat tubuh yaitu untuk membersihkan pori-lori dan mengangkat sel kulit mati di wajah. Walaupun sifatnya membersihkan, namun eksfoliasi juga tidak boleh dilakukan dengan berlebihan karena akan akan menimbulkan efek yang tidak baik. Yuk kenali tanda eksfoliasi berlebihan pada kulit wajah berikut ini.

Kulit Terlalu Kencang dan Dahi Sangat Berkilau

Memiliki kulit kencang dan berkilau tidak selalu menjadi pertanda kulit yang sehat lho. Ketika kulit wajah kamu sudah terlalu terasa kencang, dan kesat, itu merupakan tanda eksfoliasi berlebihan.  Kulit wajah bagian dahi yang tampak sangat berkilau, seperti hampir bisa dipakai bercermin juga tidak menjadi tanda yang baik.

Pasalnya kulit wajah yang kencang hingga terasa seperti tertarik dengan tesktur seperti lilin tandanya minyak alami di kulit atau sebum sudah hilang. Hal tersebut menandakan jika kulit kamu sangat kering dan tipis akibat yang berlebihan. Bila dibiarkan, kulit kamu bisa reta hingga mengelupas. Sementara itu, kulit yang sehat ialai kulit yang terlihat lembap, tidak kering, dan tidak tipis.

Kulit Wajah Kemerahan

Selain wajah terlihat kencang dan kulit menjadi tipis, tanda eksfoliasi berlebihan juga ditandai dengan kulit wajah kemerahan. Hal itu bisa terjadi dengan eksfoliator fisik maupun kimia yang keduanya bisa mengakibatkan kulit menjadi kemerahan jika digunakan dengan terlalu berlebihan.

Sebab, saat eksfoliasi dilakukan terlalu sering dan berlebihan, penghalang alami kulit menjadi rusak sehingga mengalami peradangan dan kulit pun terasa perih, sakit, dan seperti terbakar.

Jerawat

Jerawat menjadi masalah kulit wajah yang paling sering terjadi oleh orang orang-orang. Alih-alih untuk mengatasinya, jika melakukan eksfoliasi yang berlebihan justru dapat enimbulkan jerawat. Mengapa bisa begitu? Karena ketika anda melakukannya terlalu sering dan berlebihan, semua sel kulit sehat yang harusnya melindungi kulit justru akan hilang.

Yang mengakibatkan kulit menjadi terlalu sensitif sehingga dan mudah terkena kotoran dan bakteri penyebab jerawat. Biasanya jerawat yang muncl berukuran kecil.

See Also
Body Lotion

Produksi Minyak Berlebih

Selain membuat kering, terkadang eksfoliasi yang berlebihan juga dapat membuat kulit menjadi kering dan lemah. Hal itu akan membuat produksi minyak semakin meningkat. Produksi minyak yang berlebihan juga akan membuat kulit terlihat kusam. Maka dari itu, proses eksfoliasi harus dilakukan seminggu sekali atau dua kali saja agar kulit tidak terlalu memproduksi minyak yang berlebih.

Ketika kulit kamu sudah berlebihan dieksfoliasi dan mengalami tanda tanda di atas, segera hentikan kebiasaan tersebut. Gunakan produk yang memiliki formulai yang ringan untuk merawatnya agar kulit tidak semakin iritasi. Jika tidak kunjung membaik, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Demikian 4 tanda eksfoliasi berlebihan yang bisa kamu ketahui sebelum kulit kamu teriritasi. Dapatkan update seputar kecantikan melalui aplikasi BeauCo secara gratis!

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top