Now Reading
Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Avatar

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Asam jawa adalah obat rumahan yang terkenal untuk mengatasi sembelit, diabetes, kesehatan kulit, dan infeksi mikroba.  Juga membantu menurunkan berat badan dan mencegah penyakit kardiovaskular. Dalam postingan kali ini kami akan membahas tentang beberapa manfaat asam jawa.

Dapat Mengurangi Cedera Hati

Peradangan kronis di tubuh Anda secara tidak langsung dapat memengaruhi hati Anda. Prosianidin aktif dalam ekstrak Asam Jawa melawan kerusakan radikal bebas pada hati. Juga dapat menurunkan tingkat penanda inflamasi, seperti tiol total, reduktase, glutathione, dan glutathione peroksidase. 

Mineral yang ditemukan dalam asam jawa seperti tembaga, nikel, mangan, selenium, dan besi dapat meningkatkan pertahanan tubuh Anda dalam melawan stres oksidatif. Vitamin E dalam selenium dapat melindungi kandungan lipid dalam sel hati dari serangan radikal bebas.

Dapat Membantu Mencerahkan Kulit

Daging buah asam jawa bisa digunakan sebagai scrub kulit alami. Asam jawa membuat kulit lebih halus dan cerah karena adanya asam alfa-hidroksil (AHA). AHA dalam pulp asam termasuk asam tartarat (8-23,8%), asam laktat (2%), asam sitrat, dan asam malat. AHA dapat melembabkan kulit Anda. 

Dapat Membantu Meredakan Sakit Perut Dan Sembelit

Asam jawa secara tradisional telah digunakan sebagai obat pencahar karena mengandung asam malat dan tartarat dalam jumlah yang tinggi. Asam jawa juga mengandung kalium bitartrat, dengan bahan aktif lainnya yang dapat meredakan sembelit. Ekstrak kulit batang dan akar asam jawa telah terbukti ampuh menyembuhkan sakit perut dan sembelit. 

Apa Saja Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan? 

Dapat Mengontrol Hipertensi dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daging buah asam yang dikeringkan ternyata memiliki efek anti hipertensi. Daging buah asam ditemukan dapat menurunkan tekanan darah diastolik dengan dosis 15 mg / kg berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan ekstrak asam jawa berpotensi tinggi untuk menurunkan risiko aterosklerosis ( penyumbatan pembuluh darah) pada manusia dan hewan juga. 

Ekstrak buahnya mampu menyembuhkan lesi aterosklerotik pada hamster. Selain itu, molekul asam aktif memiliki efek anti inflamasi. Sementara yang dapat menurunkan keparahan aterosklerosis dan beberapa penyakit kardiovaskular. 

See Also

Dapat Membantu Mengelola Diabetes dan Hiperglikemia

Asam jawa dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien yang menderita diabetes. Bagi penderita diabetes yang sudah parah, buah ini dapat menetralkan hiperglikemia pada pasien tersebut. 

Salah satu penyebab utama diabetes adalah peradangan sel pankreas, terutama sel yang memproduksi insulin (sel beta). Karena asam dapat menghambat produksi bahan kimia pro-inflamasi seperti TNF alpha. Asam dapat melindungi pankreas dari kerusakan yang disebabkan oleh peradangan.

Biji buah ini dapat meningkatkan neogenesis (produksi sel baru) sel beta pankreas. Yang dapat mengembalikan kemampuan untuk menghasilkan insulin dalam jumlah yang dibutuhkan pada pasien yang menderita diabetes.

Dapat Membantu Mencegah Penyakit Malaria Dan Mikroba

Asam Jawatelah digunakan sebagai obat penurun panas atau obat pengontrol demam dalam pengobatan tradisional. Suatu suka di salah satu negara menggunakan daun asam untuk mengobati penyakit malaria. 

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top