Now Reading
Mengalami Keputihan ! Ini Dia Tips Mengatasi Keputihan

Mengalami Keputihan ! Ini Dia Tips Mengatasi Keputihan

Avatar

Mengalami Keputihan Kamu perlu mengatasi keputihan yang berlebihan, berbau, atau berwarna demi menjaga kesehatan vagina. Malahan keputihan merupakan mekanisme alami vagina untuk menjaga kebersihannya. Namun jika keputihan terjadi terus-menerus dan disertai rasa gatal atau bau, tentu akan membuat kamu menjadi tidak nyaman.

Penyebab keputihan yang berlebihan, berbau, atau berwarna umumnya adalah infeksi jamur, terutama Candida albicans. Penyebab lainnya adalah tidak menjaga kebersihan area vagina, terlalu cemas, dan kekurangan nutrisi. Sebelum mengunjungi dokter, kamu bisa mencoba mengatasi keputihan menggunakan bahan alami berikut.

Kunyit

Mengalami Keputihan
Mengalami Keputihan! Ini Dia 6 Tips Mengatasi Keputihan

Kunyit mengandung senyawa berkhasiat obat yang disebut kurkumioid, terdiri atas kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin. Selain itu, kunyit juga mengandung minyak atsiri, protein, pati, dan karbohidrat. Inilah sebabnya kunyit berkhasiat mengatasi keputihan, haid yang tak lancar, dan perut mulas saat haid.

Kamu hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Minumlah 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan proses penyembuhan yang maksimal.

Minyak kelapa

Mengatasi Keputihan
Mengalami Keputihan! Ini Dia 6 Tips Mengatasi Keputihan

Minyak kelapa berasal dari daging buah kelapa yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antijamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif melawan C. albicans sehingga bisa dijadikan pengobatan rumahan untuk keputihan.

Untuk mengobati infeksi jamur vagina menggunakan minyak kelapa, pastikan untuk membeli minyak kelapa organik murni, lalu oleskan langsung ke area yang terkena.

Daun sirih

Mengalami Keputihan! Ini Dia 6 Tips Mengatasi Keputihan

Cara mengobati dan mengatasi keputihan dengan daun sirih juga terkenal untuk dilakukan. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih vagina yang menggunakan ekstrak sirih. Sebabnya zat dalam daun sirih bersifat antibakteri dan antijamur. Cara untuk mengobati keputihan dengan daun sirih adalah dengan secara rutin meminum air rebusan sirih atau membasuh bagina dengan air rendaman sirih.

Delima

Mengalami Keputihan! Ini Dia 6 Tips Mengatasi Keputihan

Bagian akar, buah, kulit batang, bunga, dan kulit buah delima mengandung saponin dan flavonoida. Akarnya juga mengandung polifenol, dan bagian kulit batang, bunga, dan buah juga mengandung tanin. Karena inilah buah delima banyak dimanfaatkan sebagai obat keputihan alami karena zatnya berkhasiat sebagai pembunuh bakteri. Caranya dengan meminum air rebusan delima sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

See Also

Cuka Apel

Mengalami Keputihan! Ini Dia 6 Tips Mengatasi Keputihan

Menurut penelitian, cuka apel mampu mengatasi infeksi bakteri penyebab vaginosis bakterialis, vaginitis dan kandidiasis. Ketika mengalami keputihan, sangat penting untuk menyeimbangkan pH pada vagina. Cuka apel bisa menjadi pilihan karena mengandung antiseptik dan asam yang dimilikinya dapat menghilangkan bau tak sedap, sekaligus memperbaiki kualitas asam pada vagina.

Caranya dengan mencampurkan cuka apel dengan air. Kemudian kamu dapat meminumnya satu kali sehari, serta gunakan untuk membasuh vagina sebanyak 2 kali sehari, lakukan dengan rutin.

Berikut bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi keputihan yang aman digunakan. Dengan vagina yang sehat dan bersih akan membuat kamu nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top