Now Reading
Wajib Tau ! Tips Mengatasi Penyakit Demam pada Anak

Wajib Tau ! Tips Mengatasi Penyakit Demam pada Anak

Avatar

Tips Mengatasi Penyakit Demam pada Anak- Anak dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi 37º (derajat). Sementara suhu normal untuk anak-anak adalah 36,5 – 37,5 ° (derajat Celcius). Sedangkan untuk demam, suhu tubuhnya cenderung berfluktuasi. Dimana, suhu tubuh mereka akan menurun pada pagi dan siang hari, kemudian meningkat kembali pada sore dan malam hari.

Faktanya, anak-anak biasanya tidak bisa tidur pada malam hari karena kurang enak badan sehingga sulit tidur. Penyakit Demam merupakan gejala penyakit yang dialami oleh seorang anak. Selain itu, demam juga bisa menyerang anak jika terlalu lama berada di luar, terutama saat cuaca panas atau Anda mengenakan pakaian yang terlalu tebal. Karena, pada dasarnya penyakit demam bukanlah suatu penyakit seperti penyakit lainnya.

Dimana, demam ini dapat di katakan  hanyalah sebagai reaksi yang menggambarkan suatu proses di dalam tubuh. Saat suhu naik, maka kemungkinan suhu tubuh sedang melawan infeksi yang menyebabkan demam atau menunjukkan proses inflamasi atau peradangan yang menyebabkan demam. Jadi, demam ini bisa dikatakan sebagai gejala suatu penyakit. Berikut tips mengatasi demam pada anak, di antaranya:

Minum Teh Herbal

Minum teh herbal dapat dipercaya dan mampu untuk mengobati demam pada anak dan dewasa. Minuman teh herbal ini akan memberikan efek menenangkan dan memicu tubuh untuk berkeringat. Dengan tubuh berkeringat, maka suhu tubuh pada anak akan turun. Selain itu, tambahkan juga madu untuk efek yang lebih baik.

Membantu Tubuh Menghangatkan Diri

Sementara untuk membantu tubuh anak yang keluar panas, kita bisa menggunakan selimut yang tidak terlalu tebal. Pastikan anak Anda berada pada suhu yang nyaman dan bantu dia untuk beristirahat sebanyak mungkin. Bagaimana beberapa anak bisa tidur nyenyak dan tenang. Namun, jika kondisinya sudah membaik, oleh karena itu jangan berlebihan dengan menyuruh anak tidur di tempat tidur.

Apa Saja Tips Mengatasi Penyakit Deman pada Anak?

Minum Banyak Air

Saat Anda terkena penyakit demam, maka disarankan agar anak Anda minum air putih. Jangan sampai berlebihan, yang terpenting harus diberikan air yang cukup secara rutin setiap 2 jam sekali. Biasanya dengan penyakit demam, anak akan merasa dehidrasi dan kehilangan banyak cairan. Selain air putih, anak-anak juga bisa mendapatkan cairan dari sup, es krim (hati-hati) dan minuman lain seperti jus.

Mandi Air Hangat

Meskipun anak terkena penyakit demam, namun anak bisa mandi atau mengelapnya dengan air hangat. Sementara air hangat pada kulit akan membantu anak menurunkan suhu tubuhnya. Jika menggunakan air dingin hanya akan membuat anak semakin menggigil dan justru akan membuat suhu tubuh anak semakin tinggi.

See Also

Makan yang Banyak

Saat anak terkena penyakit demam, ia membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Dimana, dengan asupan makanan yang banyak ini akan membantu anak meningkatkan asupan gizinya. Tapi ingat, makan terlalu banyak justru bisa menyebabkan anak muntah. Oleh karena itu, biarkan anak makan apa yang disukainya agar nafsu makan anak muncul. Sementara nafsu makan yang menurun akan memperlambat penyembuhan.

Catatan untuk Pemberian Obat

Jika anak mengalami Penyakit Demam dengan kondisi yang masih terlihat nyaman, sebaiknya dilakukan observasi saja. Hal ini bisa dilakukan hingga suhu turun dengan sendirinya dan tidak perlu diberikan obat penurun panas. Namun, jika anak mengalami demam dengan kondisi rewel dan tapaknya tidak nyaman, orang tua bisa memberinya obat penurun demam.

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top