Now Reading
Mengetahui Jenis Penyakit yang Dapat Menular

Mengetahui Jenis Penyakit yang Dapat Menular

Avatar

Jenis Penyakit yang Dapat Menular

Penyakit dapat menular secara langsung maupun tidak langsung dapat terjadi jika kuman atau bakteri dari orang yang sakit ditularkan melalui kontak fisik, misalnya melalui udara saat batuk dan bersin, melalui kontak dengan cairan tubuh seperti darah dan urine atau melalui ciuman dan sentuhan.

Ada banyak jenis penyakit yang bisa menular. Bagi orang yang menularkannya mungkin tidak menunjukkan gejala dan tidak terlihat seperti orang sakit, jika dia hanya pembawa penyakit. Penyakit juga bisa menular secara tidak langsung.

Misalnya saat menyentuh kenop pintu, keran, atau pegangan logam di kereta yang terkontaminasi. Kuman dapat menginfeksi jika Anda menyentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda tersebut.

Penyakit Menular Umum

Penyakit infeksi umumnya lebih berisiko bagi orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah dan tinggal di lingkungan dengan kondisi kebersihan yang buruk. Jenis Penyakit infeksi biasanya bisa meningkat pada waktu-waktu tertentu. Misalnya saat musim hujan dan saat banjir. Adapu jenis penyakit penyakit yang dapat meluar, sebagai berikut :

Penyakit Kulit

Kurap dan kudis merupakan jenis penyakit kulit menular yang cukup umum terjadi di Indonesia. Biasanya penularan penyakit ini berkaitan dengan kebersihan diri dan lingkungan. Selain itu, penyakit kusta masih menyerang sebagian masyarakat Indonesia.Gejala ini berupa bercak merah atau putih pada kulit yang mati rasa. Penyakit kusta dapat ditularkan melalui bersin, kontak melalui luka kulit atau melalui percikan air liur.

Penyakit Demam Berdarah

jenis penyakit

Demam berdarah merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari empat jenis virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Setelah terinfeksi suatu jenis virus dengue, tubuh Anda akan mengembangkan kekebalan terhadap jenis itu selama sisa hidup Anda. Demam berdarah merupakan penyakit musiman yang biasanya terjadi di negara tropis.

Apa Saja Jenis Penyakit yang Dapat Menular?

Penyakit Difteri

jenis penyakit

Difteri adalah Jenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri. Gejala berupa demam dan radang selaput saluran pernapasan bagian atas, kulit, dan hidung. Dalam beberapa tahun terakhir, difteri menjadi kasus yang luar biasa di Indonesia. Kondisi ini terjadi karena diduga ada kelompok yang rentan terkena difteri karena belum divaksinasi atau status vaksinasi yang tidak lengkap.

See Also

Seseorang yang terinfeksi bakteri difteri mungkin tidak menunjukkan gejala difteri atau hanya mengalami gejala yang menyerupai batuk pilek ringan, namun masih dapat menularkan infeksi bakteri difteri tersebut hingga enam minggu setelah infeksi awal.

Jika tidak segera ditangani, difteri dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, sistem saraf, dan jantung. Kematian terjadi pada sekitar 3% pasien difteri, terutama pasien anak di bawah usia 15 tahun. Meski mudah menular dari satu orang ke orang lain, difteri dapat dicegah dengan pemberian vaksin difteri.

Penyakit Cacingan

Jenis Penyakit cacingan dapat disebabkan oleh cacing kremi, cacing tambang, dan cacing pita yang menginfeksi usus. Cacingan dapat menyebabkan kekurangan darah (anemia), mengantuk, dan lemas, sehingga produktivitas menurun. Ini karena cacing menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein dan karbohidrat.

Jenis penyakit ini ditularkan melalui kontak langsung, misalnya saat tangan kotor dimasukkan ke dalam mulut, dan secara tidak langsung saat Anda menyentuh benda atau makanan yang mengandung telur cacing.

Mau dapat update artikel dan konsultasi gratis, serta ingin bergabung diskusi forum dari seluruh indonesia, kini telah hadir BeauCo by Ouzenmart.  Dan dapatkan benifitnya juga mulai dari berbelanja berbagai brand ternama sampai kamu akan mendapatkan poin yang bisa ditukar voucher belanja, tunggu apa lagi klik disini dapatkan sekarang juga.

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top