Now Reading
Tips Pola Hidup yang Dapat Mengurangi Resiko Kanker

Tips Pola Hidup yang Dapat Mengurangi Resiko Kanker

Tips Pola Hidup yang Dapat Mengurangi Resiko Kanker – Mencegah penyakit tentu lebih baik daripada mengobati. Apalagi pada penyakit kanker yang hingga saat ini peluang kesembuhannya masih semakin rendah. Oleh karena itu, penyakit kanker dapat di artikan sebagai penyakit mematikan yang paling ditakuti oleh semua orang karena merupakan pembunuh nomor 2 setelah penyakit jantung. Sementara untuk mencegah terjadinya penyakit kanker bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat.

Resiko kanker bisa terjadi dengan berbagai faktor apa saja, seperti pola hidup yang tidak sehat, polusi, radiasi sinar matahari, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tidak ada yang bisa memastikan apakah dia bisa terbebas dari ancaman kanker atau tidak. Berikut adalah beberapa tips pola hidup yang dapat mengurangi resiko kanker, meliputi :

Hindari Makanan yang Diasapi atau Dipanggang

Penyebab terjadinya penyakit kanker dapat disebabkan oleh makanan yang dihisap, dibakar, atau diasinkan. Misalnya seperti ikan asap atau makanan acar. Dimana, makanan ini berisiko dapat menyebabkan penyaki kanker. Oleh karena itu, menghindari atau mengurangi frekuensi makan makanan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kanker.

Kendalikan Berat Badan Anda

Sementara kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Beberapa jenis kanker tersebut adalah kanker payudara, ginjal dan kolorektal. Dengan menurunkan berat badan beberapa kilogram, maka Anda memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker. Oleh karena itu, perhatikan asupan kalori setiap hari, dan jangan lupa untuk rutin berolahraga.

Apa Saja Tips Pola Hidup yang Dapat Mengurangi Resiko Kanker?

Berolahragalah Secara Teratur

google images

Selain berperan dalam menjaga berat badan, olahraga juga menjadi cara mudah bagi seseorang untuk mencegah penyakit kanker. Olahraga bisa mengurangi penumpukan hormon yang bisa memicu kanker. Beberapa jenis kanker tersebut adalah kanker usus besar, kanker rahim, dan kanker payudara. Sebagai rekomendasi, Anda bisa melakukan olahraga ringan 150 menit per minggu, atau 75 menit per minggu untuk olahraga intens.

Hindari Merokok

Google Images

Merokok juga menjadi sumber terjadinya penyakit, bahkan dapat memicu penyakit kanker. Oleh karena itu, merokok atau menjauh dari orang yang mengkonsumsi rokok merupakan cara terbaik bagi Anda untuk mencegah resiko kanker.

Gunakan Kondom Saat Berhubungan Seksual

Google Images

Kondom tidak hanya digunakan untuk mencegah kehamilan. Alat kontrasepsi ini juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker dubur dan kanker tenggorokan. Selain menggunakan kondom, Anda juga disarankan untuk tidak berganti pasangan dan Anda harus menjauhi hubungan seks kasual dengan orang yang baru Anda temui.

Cegah Kanker dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Google Images

See Also

Oleh karena itu, makanan sehat penting untuk menjadi asupan utama agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, beberapa makanan sehat juga telah diketahui dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Rempah-rempah

Rempah Rempah

Bumbu tidak hanya berguna untuk penyedap makanan. Rempah-rempah juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Misalnya, kandungan kurkumin pada kunyit dikatakan dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Selain itu, ada juga bawang putih yang memiliki kandungan alicin. Sehingga kandungan alicin dikaitkan dengan risiko kanker seperti kanker prostat dan kanker saluran pencernaan.

Konsumsi Aspirin Bayi

Aspirin

Aspirin bayi biasanya memiliki kandungan dosis aspirin untuk orang dewasa atau sekitar 81 mg (dosis dewasa 325 mg). Sementara untuk penggunaan sehari-hari, harus minum sebanya 81 mg. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan ini dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker, termasuk penurunan risiko 50% terkena kanker usus besar.

Resiko kanker bisa terjadi terjadi karena dengan mengonsumsi aspirin, peradangan yang merupakan salah satu faktor pemicu kanker dapat dikurangi. Namun, hal ini juga dapat meningkatkan perdarahan saluran cerna, sehingga tidak dianjurkan bagi mereka yang banyak mengonsumsi alkohol, menderita maag, dan sedang mengonsumsi obat pembekuan darah.

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top