Now Reading
Perbedaan Antara Penyakit Kanker dan Tumor

Perbedaan Antara Penyakit Kanker dan Tumor

Perbedaan Antara Penyakit Kanker dan Tumor

Sebelum mengetahui perbedaan antara kanker dan tumor, terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab seseorang terjangkit kanker dan tumor. Sementara kanker dapat di sebabkan oleh perubahan genetik (mutasi) pada sel, dimana mutasi genetik akan membuat sel menjadi abnormal. 

Faktanya, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel-sel abnormal tersebut. Jika mekanisme ini gagal, maka sel abnormal akan tumbuh tidak terkendali. Sedangkan faktor yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker berbeda-beda, tergantung dari jenis kankernya. Namun, tidak ada jenis kanker tertentu yang dipicu hanya oleh satu faktor.

Sedangkan tumor dapat di sebabkan karena terbentuknyaadanya ketidakseimbangan antara jumlah sel baru yang tumbuh dan jumlah sel lama yang mati. Kondisi ini bisa terjadi ketika sel-sel baru terbentuk secara berlebihan, atau sel-sel lama yang seharusnya mati tetap hidup. Sehingga, penyebab ketidakseimbangan ini bisa berbeda-beda pada tiap jenis tumor, namun umumnya penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara tumor dan kanker. Meski sekilas terlihat sama, sebenarnya ada perbedaan di antara penyakit tumor dan kankeryang penting untuk diketahui.

Tumor adalah benjolan atau jaringan yang tumbuh tidak normal, yang bisa jinak atau ganas. Sedangkan kanker merupakan tumor ganas yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain dengan cepat dan merusak sel sehat di sekitarnya. Berikut ini perbedaan antara kanker dan tumor.

Apa Perbedaan Penyakit Kanker dan Tumor?

Tumor Jinak dan Kanker

Tumor jinak adalah jenis tumor yang tidak berbahaya. Sementara pertumbuhanya cenderung lambat dan tidak bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Tumor jinak tidak mengandung sel kanker, dimana penyakit initidak berbahaya bagi tubuh.

Namun, tumor jinak dapat menyebabkan rasa sakit dan masalah serius lainnya jika tumbuh di dekat organ vital dan menekan pembuluh darah atau saraf. Sedangkan kanker adalah penyakit yang lebih berbahaya dari pada penyakit tumor, dimana penyakit ini bisa lebih cepat menyebar dari pada tumor.

Tumor Pra-kanker

Tumor prakanker adalah jenis tumor yang belum menjadi kanker, tetapi berpotensi menjadi ganas. Meski tidak tergolong kanker, tumor prakanker tetap harus diperiksa secara rutin oleh dokter. Langkah ini bertujuan untuk mewaspadai jika tumor ini sewaktu-waktu berubah menjadi ganas.

See Also
cara memutihkan leher

Melakukan Pemeriksaan Medis untuk Mengetahui Tumor Ganas atau Kanker

Tumor ganas dapat di sebut juga dengan kanker. Sementara pada tumor ini, sel dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan memicu berbagai gangguan kesehatan. Tumor ganas merupakan tumor yang perlu diwaspadai karena mengandung sel kanker. Sel tumbuh tak terkendali dan bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Selain itu, tumor ganas juga bisa muncul kembali bahkan setelah diangkat.Tumor jinak tidak berbahaya dan biasanya tidak perlu ditangani secara medis selama tidak mengganggu penderitanya. Sedangkan tumor prakanker dan tumor ganas (kanker) memerlukan tindakan medis tertentu sesuai dengan evaluasi dokter.

Sedangkan untuk mengetahui jenis tumor apa yang Anda miliki, maka Anda dapat melakukan pemeriksaan medisKarena pada faktanya hanya dokter yang dapat memastikan apakah Anda memiliki penyakit tumor dan kanker.

[zombify_post]

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top