Now Reading
Mengulas Sejarah Tentang Hari Valentine

Mengulas Sejarah Tentang Hari Valentine

Avatar
Lelucon hari Valentine

Mengulas Sejarah Tentang Hari Valentine- Bagi sebagian orang, Hari Valentine merupakan hari yang perlu dirayakan. Hari ini dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Hampir semua kalangan merayakan hari ini, baik itu orang yang sudah berkeluarga maupun yang masih remaja.

Banyak tempat-tempat yang dihiasi dengan bunga-bunga, aneka maca hiasan, hingga lambang hati. Itu semua untuk menyambut datangnya Hari Valentine atau yang disebut juga hari kasih sayang.

Sejarah hari valentine
Sejarah Tentang Hari Valentine

Di hari itu banyak orang yang merayakan rasa cintanya pada keluarga, kekasih maupun sahabatnya. Bahkan Hari Valentine sering dijadikan momen untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang menjadi pujaaan hatinya.

Namun, tahukah kamu? Ternyata Hari Valentine sebagai hari untuk mengungkapkan rasa kasing sayang berasal dari kisah yang sangat menyedihkan. Langsung saja, mari kita ulas sejarah tentang Hari Valentine!

Bagaimana Sejarah Tentang Hari Valentine?

Sejarah serta asal usul Hari Valentine

Sejarah Hari Valentine sebenarnya memiliki banyak versi, namun yang terkenal menceritakan tentang seorang pendeta Romawi yang bernama Santo Valentine. Pendeta ini hidup pada abad 3 Masehi atau tepatnya tahun 270 M. Kaisar Romawi kala itu, Claudius II, melarang rakyatnya untuk menikah.

Sang Kaisar memerintahkan semua pria untuk ikut wajib militer sebagai persiapan untuk perang. Dengan larangan tersebut, Kaisar Claudius II berharap pada pria bisa fokus untuk berperang, sehingga tidak ada yang memikirkan keluarganya.

romantic couple walking on crosswalk
Sejarah Tentang Hari Valentine|Photo by Katerina Holmes on Pexels.com

Sang pendeta, Santo Valentine, tidak setuju dengan kebijakan tersebut. Ia tetap berani menikahkan penduduk Roma meskipun dengan cara diam-diam. Namun sayang, langkah dari Santo Valentine, diketahui oleh sang Kaisar.

Ia pun dipenjara dan dijatuhi hukuman mati. Sebelum hukuman mati dilaksanakan, Santo Valentine menulis sebuah surat tepatnya pada tanggal 14 Februari 270 M. Surat tersebut ditujukan kepada putri dari kepala penjara. Ternyata, Santo Valentine menaruh hati pada putri tersebut.

Isi surat tersebut berisi tentang ucapan selamat tinggal yang bertuliskan ”From Your Valentine”. Nah, kejadian itulah yang menjadi asal usul mengapa orang-orang mengucapkan Selamat Hari Valentine setiap tanggal 14 Februari. Mereka ingin mengenang kisah dari Santo Valentine yang berani melawan kebijakan  sang Kaisar demi menyatukan kasih sayang.

Santo Valentino yang menikahkan pasangan kekasih yang saling mencintai secara sembunyi-sembunyi akhirnya mati dengan cara dipenggal. Namun, pengorbanan Santo Valentine telah menciptakan rasa cinta pada orang-orang di sekitarnya.

Nama Santo Valentine pun dinobatkan sebagai orang suci atas jasa-jasa yang telah ia lakukan. Kabarnya, tengkorak dan kerangka Santo Valentine disimpan dengan baik di Basilica Santa Maria, Cosmedin, Roma, Italia.

Itulah sejarah tentang Hari Valentine atau hari kasih sayang. Apakah kamu juga merayakan datangnya hari? Bagi yang merayakannya silahkan, asalkan tidak menjerumus kepada hal-hal yang negatif. Namun sejujurnya perayaan hari kasih sayang itu tidak harus pada tanggal 14 Februari saja. Hari kasih sayang sebaiknya ya setiap hari.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top