Now Reading
Sulit berhenti merokok? Ini dia cara ampuh agar berhenti merokok

Sulit berhenti merokok? Ini dia cara ampuh agar berhenti merokok

Rama

Merokok memang hal yang paling digemari oleh sebagian pria di dunia ini. Hal itu dikarenakan rokok sebagai teman di saat sendirian maupun teman saat nongkrong. Sehingga rokok dapat menyebabkan kita kecanduan. Rokok memang terlihat sangat nikmat, namun dibalik kenikmatan tersebut terdapat dampak buruknya.

Tidak hanya berdampak pada perokok aktif, namun juga bisa berdampak terhadap perokok pasif. Dampak buruknya di antaranya ialah menyebabkan kanker, impoten, kehilangan pendengaran, gangguan pada mata, dan penyakit paru-paru kronis.

Terkadang kita ingin berhenti dari merokok namun sulit karena kita sudah kecanduan terhadap rokok, namun kamu tidak perlu khawatir. Karena di dalam artikel ini beaufo.id akan memberikan beberapa cara agar kamu dapat berhenti dari kebiasaan merokok.

Berpikir Positif

Berpikir positiflah kamu bahwa kamu bisa berhenti dari kebiasaan merokok. Karena dengan berpikir positif akan membuat diri kita semakin percaya diri untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

Temukan alasan dan kuatkan tekad

Cara selanjutnya ialah dengan menemukan alasan dan kuatkan tekad. Alasan kamu untuk berhenti dari kebiasaan merokok itu apa. Misal kamu berhenti merokok karena ingin hidup lebih sehat dan melindungi keluarga agar tidak menjadi perokok pasif.Dan juga kuatkan tekad kamu, karena dengan tekad yang kuat dapat mendorong kamu untuk berhenti dari merokok.

Perbanyak motivasi pada diri sendiri

Kita bisa sukses melakukan sesuatu tanpa adanya motivasi. Semua kesuksesan tercapai karena adanya motivasi. Salah satunya ialah kesuksesan dalam berhenti dari merokok. Dan motivasi terbesar itu adanya dari dalam diri kita sendiri.

Cobalah kamu memotivasi diri kamu dengan berbicara pada diri sendiri bahwa merokok itu dapat menghabiskan uang, merokok itu dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat, asap rokok dapat membuat keluarga kita menjadi perokok pasif.

Jangan berkumpul dengan orang-orang yang merokok

Salah satu pengaruh kita merokok ialah orang di sekitar kita. Apabila orang yang ada di sekitar kita merokok otomatis kita juga menjadi ikutan merokok. Memang terasa tidak enak apabila teman-teman kita merokok kita tidak merokok, namun kamu bisa menghindarinya dengan cara berkumpul dengan teman kamu yang tidak merokok

Hindari diri dari stress

Serene man meditating in Lotus Pose on sofa
Hindari stress | Cara berhenti merokok

Apabila diri kita stress bisa menimbulkan keinginan kita untuk merokok kembali. Hal ini dikarenakan bagi sebagian orang merokok bisa menjadi penghilang stress yang cukup ampuh.

See Also
Penderita Diare

Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya melakukan kegiatan yang lain sebagai gantinya, seperti berekreasi untuk menghilangkan stress

Tak hanya itu, sebaiknya kamu beristirahat yang cukup. Karena apabila kita kekurangan tidur dapat rentan terkenas stress.

Ganti rokok dengan permen

Anonymous colorful lady blowing gum bubble in street
Ganti rokok dengan permen | Cara berhenti merokok

Mulut memang terasa asam apabila belum merokok. Hal itu lah yang bisa membuat diri kita sulit untuk berhenti merokok, namun agar hal itu tak terjadi kamu bisa menggantinya dengan mengunyah permen.

Kurangi minum minuman yang mengandung kafein

Person Performing Coffee Art
Kurangin minnuman berkafein | Cara berhenti merokok

Memang terasa kurang nikmat apabila kita merokok namun tiduk minum kopi. Biasanya ketika berkumpul dengan teman kita selalu merokok sambil minum kopi. Namun ternyata sebenarnya minum kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya dapat meningkatkan jumlah ketegangan dalam saraf, sehingga hasrat untuk merokok yang dipercaya untuk merelaksasikan tubuh menjadi menggebu-gebu. Maka dari itu sebaiknya kamu mengurangi minum minuman yang berkafein.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top