Now Reading
Tips Sukses Mendapatkan Investor Untuk Usaha Anda

Tips Sukses Mendapatkan Investor Untuk Usaha Anda

Tips Sukses Mendapatkan Investor Untuk Usaha Anda

Modal atau keuangan dalam sebuah usaha memang menjadi pilar penting. Entah itu untuk pembelian bahan, biaya produksi, pengiriman, gaji karyawan dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika usaha yang kita memiliki membutuhkan suntikan dana? Bagaimanakah caranya mendapatkan investor dengan baik, benar dan cepat, saya akan membahasnya secara lengkap pada artikel kali ini.

Sebenarnya sebuah usaha yang bagus adalah mengandalkan kemandirian, modal sendiri, tempat sendiri, semuanya mandiri. Karena dengan begitu kita akan lebih ringan dalam beban usaha dan juga lebih maksimal dalam memperoleh keuntungan. Tapi dalam beberapa kasus, seringkali kita membutuhkan pihak ketiga khususnya kali ini saya bahas mengenai pendanaan. Untuk mendapatkan kepercayaan dari seorang investor bukanlah sesuatu yang mudah dalam dunia bisnis ada beberapa hal yang bisa kalian perhatikan, dan hal-hal inilah yang biasanya menjadi pertimbangan para calon investor.

Mendapatkan Investor Untuk Usaha Anda

cara-mendapatkan-investor
  • Legalitas
Legalitas sebuah usaha menjadi penilaian utama bagi seorang investor. Hal ini meliputi perizinan dan sejenisnya. Jika anda melakukan usaha jenis home insutri milik sendiri, biasanya yang akan dinilai adalah lokasi usaha anda, apakah rumah sendiri atau sewa, apakah sudah lama tinggal disitu atau belum. Karena dalam hal ini safety utama bagi investor untuk mengeluarkan dana mereka.

See Also

  • Brand Image

Anda harus menjelaskan secara detail siapa anda kepada publik dan juga calon invetor kalian, bergerak di bidang apa bisnis kalian berjalan, produknya apa, atau jasanya apa yang kalian jual harus jelas terlebih dahulu. Kebanyakan investor idealis, mereka memilih sektor bisnis tertentu yang mereka suka atau yang menurut mereka bagus dan berprospek positif. Dengan kejelasan brand image kalian, investor akan memberikan nilai point penilaian tambahan untuk anda.

  • Kualitas ( Usaha, Produk atau Jasa)
Tunjukkan bahwa usaha dan produk atau jasa didalamnya mempunyai nilai jual yang bagus. Anda bisa menunjukkan dan mendeskripsikan detail kualitas dalam usaha yang anda jalankan. Ini sangat penting, karena kualitas lah yang menjadi salah satu penentu sell out dari usaha yang anda jalankan.
  • Manajement Keuangan
Anda bisa membuat sebuah pembukuan khusus mengenai keuangan usaha anda. Jika manajemen keuangan dalam perusahaan atau usaha anda rapi, maka investor akan percaya kalau anda adalah seorang yang propesional dan ahli mengelola keuangan. Anda juga harus menjelaskan sebab anda memerlukan keuangan dan tindak lanjut atau gambaran rencana keuangan, seandainya nanti ada uang masuk dari investor anda.
  • Manajemen SDM atau Karyawan
Jika anda mempunyai usaha yang memiliki karyawan, investor juga akan menilai bagaimana anda mengelola SDM dalam usaha atau bisnis yang anda jalankan. Ini juga sebagai penilaian profesionalisme dan tanggungjawab anda terhadap bisnis yang anda jalankan.
  • Menjelaskan Rancangan Kedepan
Presentasikan rancangan usaha anda selanjutnya, anda bisa mulai dari bagaimana anda menggunakan dana yang masuk dari investor tersebut, kegunaannya untuk apa saja. Kemudian program apa saja yang akan anda jalankan pada usaha anda. Kemudian jelaskan juga bagaimana cara anda membesarkan usaha yang anda miliki pada saat ini.
  • Program Bagi Hasil
Dalam penjelasan bagaimana anda memberikan bagi hasil dengan investor anda, harus berhati-hati. Jangan sampai mereka kecewa karena tidak sesuai dengan rancangan dan ekspekstasi. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah kecukupan kebutuhan usaha anda. Jadi carilah win win solution dalam bagi hasil kali ini. Mengenai bagi hasil usahakan anda menghitungnya dari netto atau untung besih baru menentukan presentase bagi hasil usaha anda, jangan menentukan secara nominal untuk berjaga-jaga pasang surut usaha anda kedepannya.

Yang harus dilakukan Setelah Mendapatkan Investor

Jika anda bisa mendapatkan investor anda harus segera memulai aksi anda. Jangan ditunda, karena investor akan menilai pergerakan anda sehari setelah anda menerima modal tersebut. Menjaga kepercayaan seorang investor merupakan hal yang sangat penting, karena bisa saja anda mendapatkan kepercayaan dan kesempatan yang lebih besar lagi jika anda sukses dalam perjanjian pertama dengan investor anda. Jangan terlalu banyak janji terhadap investor anda, namun segera buktikanlah hasilnya sedikit demi sedikit.
Demikian materi mengenai Tips Sukses Mendapatkan Investor Untuk Usaha Anda. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda.
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top